;

Sunday, January 27, 2013

Ditemukan Danau di Planet Mars, Adakah Kehidupan Di sana?

Sunday, January 27, 2013

Sebuah penemuan ini seakan memberi petunjuk adanya kehidupan di planet Mars. Hal itu karena adanya keberadaan Danau yang berhasil ditemukan Peneliti Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA).

Danau ditemukan dengan analisis data dari wahana Mars Reconaissance Orbiter (MRO). Analisis mengungkap adanya mineral karbonat dan tanah liat yang biasanya terbentuk jika ada air. Mineral ditemukan di dasar Kawah McLaughlin yang memiliki kedalaman 2,2 km.
“Hasil observasi baru ini menunjukkan adanya formasi karbonat dan tanah liat di danau yang (diduga pernah) disuplai oleh air tanah di dalam cekungan kawah yang tertutup,” demikian dinyatakan NASA dalam publikasinya di jurnal Nature Geoscience, Senin (21/1/2013).

“Beberapa peneliti berpendapat, interior kawah menerima air. area di bawah tanah Mars yang menyuplai air bisa jadi merupakan lingkungan yang basah dan habitat potensial untuk mendukung kehidupan,” demikian dinyatakan NASA seperti dikutip AFP, Senin kemarin.

Joseph Michalski, pimpinan tim riset ini, mengungkapkan, “Observasi terakhir ini memberikan bukti terbaik bahwa karbonat terbentuk di dalam lingkungan danau, bukan berasal dari lingkungan luar kawah.”
Peneliti menduga bahwa danau tersebut disuplai dari bawah tanah sebab tak ada saluran yang menghubungkannya dengan wilayah luar. Danau tersebut memiliki diameter 92 km dan terdapat di dataran rendah.

Rick Zurek, peneliti dari Jet Propulsion Laboratory NASA, mengatakan, “penemuan ini menjadi indikasi bahwa Mars lebih kompleks dari yang diduga, dengan beberapa area lebih menyuguhkan tanda-tanda kehidupan dibandingkan lainnya.”


sumber

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

ryantato55 - 1/27/2013 05:48:00 PM

0 komentar:

Post a Comment