Menurut
Anda, Seberapa besar sih penghasilan yang bisa diperoleh sebuah blog?
Dan apakah blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang?
Pertanyaan semacam ini banyak diajukan oleh orang-orang yang ingin
mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau sekedar ingin
membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada gunanya.
Barangkali
jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada Anda sendiri. Seberapa
besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas blogging? Anda
sendiri yang menentukan.
Yang
pasti, dunia blogging sejatinya menawarkan teramat banyak peluang.
Sayangnya, terutama di Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan.
Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling hanya dianggap
sebagai blog pribadi yang bersifat personal. Padahal, jika dikelola
secara serius dan profesional, blogging bisa sangat menguntungkan dan
memberikan penghasilan dalam jumlah yang bakal membuat mata siapapun
yang melihatnya melotot keluar.
Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:
1. TechCrunch.com
TechCrunch
pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang pengacara
yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch digawangi oleh
sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini adalah
teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh TechCrunch
adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama bersumber
dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan selama sebulan
di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara Rp.102.650.000!).
2. Mashable.com
Mashable
adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology
consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor
tetap. Blog dengan tag line “The Social Media Guide” ini membidik niche
social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini
telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap
bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.
3. PerezHilton.com
PerezHilton
adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario
Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche
entertainment dan mengusung tag line “Celebrity Juice, Not from
Concentrate” ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara
Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan banner
4. Gothamist.com
Gothamist
adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola
oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line “New York City News, Food, Arts
and Events” ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per
bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau
setara Rp.816.287.872!).
5. TimothySykes.com
Blog
ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy
Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat.
Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan
penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap
bulannya, blog dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini
setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).
6. VentureBeat.com
VentureBeat
adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola oleh Matt
Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap bulannya
menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk Matt
Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.
7. LifeHacker.com
LifeHacker
adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam kehidupan
sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag
line “Tips and Downloads for Getting Things Done” ini menghasilkan
$60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan banner.
8. TutsPlus.com
TutsPlus
adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan video
tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh sejumlah
editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang mengusung tag
line “Mad Skills” ini menghasilkan $55,000 per bulannya (atau setara
Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan banner.
9. SmashingMagazine.com
Smashing
Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web designers
dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine memberikan
penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama dari iklan
banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada tahun
2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama Sven Lennartz,
seorang web designer asal Jerman.
10. StevePavlina.com
Seperti
namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh
Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las Vegas,
Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal Development for Smart
People” ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara Rp.461.925.000!)
setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC dan
JV (Joint Venture).
sumber
|
0 komentar:
Post a Comment