;

Saturday, February 2, 2013

Mengapa Masjid Disebut Mosque Dalam Bahasa Inggris

Saturday, February 2, 2013

Apakah bahasa Inggrisnya masjid? Kamu pasti akan menjawab, "Mosque!" Apakah kamu tahu mengapa masjid bisa disebut mosque dalam bahasa Inggris?

Mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Kayaknya ada hubungannya dengan nyamuk, ya kan? Mosque hampir sama dengan mosquito alias nyamuk dalam bahasa Inggris. Ya, dugaan kita betul, dan ternyata kata itu mengandung penghinaan terhadap umat Islam. Mosquito alias nyamuk sebenarnya berasal dari bahasa Spanyol.

Mengapa masjid diberi nama comotan dari nyamuk?

Begini sejarahnya: Saat Perang Salib terjadi, Raja Ferdinand berkata bahwa mereka akan berangkat dan membasmi orang muslim "like mosquitoes" ("seperti nyamuk-nyamuk"). Maka, di mana lagi mereka dapat menemukan muslim dalam jumlah yang cukup besar dan berkumpul untuk dibasmi jika bukan di masjid?

Maka sejak itulah, masjid dikenal dengan sebutan "mosque" alias tempat berkerumunnya 'nyamuk' yang siap dibasmi. Informasi ini terdapat dalam buku The Complete Idiot's Guide to Understanding Islam.

Seorang muslim bernama Haritha menyebarkan info ini di internet. Ia meminta agar kaum muslim tidak menyebut masjid dengan mosque lagi karena asal-usul penamaan itu.

"Dan marilah kita ganti kata itu dengan kata yang seharusnya: Masjid! Tempat untuk Bersujud!! Bukan Mosque: tempat pembasmian!" begitu tulisnya dalam emailnya.

Wallahu a'lam. Benarkah asal-usul nama ini? Benar atau tidak, Allah telah menamakan tempat untuk beribadah kepada-Nya sebagai masjid. Dan inilah yang harus kita gunakan karena inilah nama yang telah Allah berikan.


sumber

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

ryantato55 - 2/02/2013 10:09:00 PM

0 komentar:

Post a Comment